Salah satu aspek
pendidikan agama yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini sebagai pedoman
dasar kehidupannya di dunia dan di akhirat adalah membaca Al-Qur’an. Pendidikan
Pembelajaran Al-Qur’an pada dasarnya bisa dilakukan dengan
bermacam-macam
metode. Seperti metode Iqra’, metode Tartil, metode Al-Baghdadi dan lain-lain. Pemilihan metode dan strategi yang baik, praktis, efektif
dan efisien dapat meningkatkan keberhasilan suatu program pengajaran.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik
untuk melakukan penelitian tentang bagaimana implementasi metode Iqra’ dalam Meningkatkan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.
Dalam penulisan Jurnal ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif
melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jenis kolaboratif
partisipatoris, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi
(aktivitas kelas, interview dan test sebagai data tambahan), wawancara dan
dokumentasi. Data bersifat kualitatif dan peneliti sebagai instrumen kunci.
Untuk
Mengetahui lebih jauh hasil penelitian yang dilakukan di LPI An- Nur
Al-Aziziyah Gp. Kumba Pidie Jaya, Silahkan donwload Link Berikut : Materi Presentasi
0 komentar:
Posting Komentar